Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Ristekin Buka Pusat Layanan dan Informasi Penelitian

04-03-2015 13:16:23

KANTOR Riset Teknologi dan Informasi (Ristekin) Kota Pekalongan, resmi melaunching Pusat Layanan dan Informasi Hasil Penelitian di ruang Amarta, Kamis (26/2).

Launching dihadiri langsung Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Prof Dr Bambang Subiyanto, Walikota Pekalongan, dr HM Basyir Ahmad, Rektor Unikal yang sekaligus Ketua Dewan Riset Daerah, Suryani SH MHum, Direktur Pusmanu Mujiono SE MM serta kalangan pendidikan dan perguruan tinggi.

Pusat Layanan dan Informasi Penelitian, ditempatkan di sebelah ruangan Kantor Ristekin, komplek Setda. Di dalamnya, terdapat fasilitas enam komputer yang bisa digunakan oleh mahasiswa, kalangan pendidikan maupun masyarakat umum untuk mengakses hasil riset dan juga jurnal penelitian baik nasional maupun internasional.

Kepala Ristekin, Slamet Budiyanto SKM MKes mengatakan, selain untuk mengakses hasil-hasil penelitian, pusat layanan tersebut juga dapat melayani pengurusan izin rekomendasi penelitian, PKL, KKL hingga survey. “Disana juga tersedia fasilitas multiple jurnal untuk memfasilitasi kalangan pendidikan guna memasukkan dan mempublish hasil riset maupun penelitiannya,” kata Slamet Budiyanto dalam paparannya.

Tak harus datang langsung ke lokasi pusat layanan, dikatakannya masyarakat juga bisa mengakses pusat layanan secara online lewat alamat www.ristekin.pekalongankota.go.id. Melalui akses online, masyarakat bisa mendapatkan segala informasi yang sama. “Itu kami siapkan untuk mempermudah, sehingga masyarakat tak harus datang kesini,” tambahnya.

Dia melanjutkan, sebagian kabupaten dan kota, masih terkendala mahalnya biaya untuk mengakses hasil penelitian ditambah kurangnya sarpras yang memadai. Akibatnya, pelayanan bagi hasil-hasil riset yang sudah dilakukan dunia pendidikan terhambat. “Kota Pekalongan juga menghadapi masalah tersebut. Sehingga kami kerjasama dengan LIPI dan akhirnya dapat melaunching pusat layanan dan informasi penelitian,” tuturnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Prof Dr Bambang Subiyanto dalam sambutannya mengatakan, yang menjadi salah satu tugas Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI adalah untuk menyimpan database tentang informasi dari hasil penelitian di seluruh Indonesia, baik dari lembaga maupun perguruan tinggi. Hasilnya, kemudian dibuka untuk dapat diakses masyarakat luas.

Selanjutnya dikatakan Prof Bambang, LIPI juga mendapat tugas dari pemerintaH untuk membangun Science and Tekhnopark (STP) dan Tekhnopark (TP) di daerah sebagai pusat penelitian. STP, akan ditempatkan di provinsi sementara TP akan ditempatkan di kabupaten kota.

Menanggapi adanya pusat layanan dan informasi penelitian, Rektor Unikal, Suryani menyatakan, munculnya fasilitas demikian akan sangat bermanfaat bagi pendidikan Kota Pekalongan. Sebab, mencari referensi penelitian di Kota Pekalongan terbilang cukup susah. “Disini toko buku juga sangat minim. Jadi dengan hadirnya pusat layanan informasi penelitian ini kami rasa bisa memotivasi masyarakat agar rajin membuat penelitian dan karya ilmiah. Manfaatkan jangan sampai pengunjungnya minim,” ucap dia.

Walikota Pekalongan juga berharap demikian. Dia ingin agar pengunjung baik melalui online atau datang langsung ke pusat layanan bisa terus dipantau dan dievaluasi.(nul)

Penulis: M Ainul Atho | Radar Pekalongan – Abdurrahman

Sumber: http://www.radarpekalonganonline.com/65273/ristekin-buka-pusat-layanan-dan-informasi-penelitian/ 27 Februari 2015